KOMPAS.com - Merek tunggal akhirnya bakal menjadi pilihan strategi yang akan dijalankan Indosat untuk memperkuat merek layanan selulernya. Kalau saat ini ada Matrix untuk pelanggan pascabayar, Mentari, IM3, StarOne, dan IM2 Broadband, di masa mendatang kemungkinan akan dilebur menjadi satu.
Upaya memperkuat merek tunggal tersebut diawali dengan peluncuran layanan baru Indosat Mobile di Jakarta, Rabu (25/5/2011). Selain menyediakan kartu perdana khusus untuk pelanggan baru, pelanggan Indosat yang sudah menggunakan layanan lainnya juga dapat beralih ke layanan tersebut.
"Layanan ini dirancang untuk kalangan profesional, pengusaha, dan karyawan," kata Laszlo Imre Barta, Director & Chief Commercial Officer Indosat. Ia mengatakan, pengguna bisa memilih akan berlangganan secara prabayar atau pascabayar bahkan memilih nomor sendiri sesuai keinginan. Tentu saja nomor yang bisa dipilih terbatas sesuai ketersediaan dan untuk nomor-nomor cantik tertentu harus ditebus dengan biaya tambahan.
Sementara itu, Dyah Hesti, Division Head of Loyalty Retention Indosat, mengatakan pihaknya sudah melakukan survei trhadap kalangan profesional dan entrepreneur. Menurutnya, hasil survei menunjukkan bahwa mereka paling sering menggunakan telepon antara pukul 11.00-15.00, sering menelepon tetapi sebentar-sebentar. Mereka suka tarif flat, bukan pengguna data yang besar seperti kalangan muda, namun hanya untuk ebutuhan cek email, browsing berita, atau cek jejaring sosial. Komunikasi yang dibutuhkan juga harus membantu bisnis dan tidak memilih panggilan on net atau off net.
Menurut Insan Prakasa, Head of Segment Management Indosat, segmen profesional dan pengusaha menjadi target awal layanan ini karena potensinya sangat besar namun belum digarap secara khusus. Ia memperkirakan segmen tersebut hingga 30 persen pangsa pasar seluler di Indonesia. Sesuai target pasarnya, Indosat Mobile memberikan paket khusus pada jam kerja antara pukul 05.00-17.00.
Ia mengakui ke depan, pengguna Indosat diarahkan untuk beralih ke layanan ini. Namun, sampai kapan hal tersebut akan berlangsung, ia belum dapat memperkirakan karena tergantung preferensi pelanggan. Untuk menarik minat pelanggan, khusus untuk pelanggan pascabayar, Indosat memberikan tarif promosi berlangganan BlackBerry dengan diskon 50 persen sampai akhir Desember 2011 bagi pengguna Indosat Mobile.
No comments:
Post a Comment