Setiap penjualan satu Kindle Fire, Amazon ternyata tak langsung  menuai keuntungan, tetapi justru merugi sebesar 10 dollar AS. Pasalnya,  produksi Kindle Fire per unit ternyata berbiaya 210 dollar AS, sementara  harga jualnya hanya 199 dollar AS.
Sebuah perusahaan peneliti  pasar, IHS iSuppli, menganalisis bahwa untuk membuat satu Kindle Fire,  Amazon merogoh 191,65 dollar AS hanya untuk perangkat kerasnya. Total  tepatnya termasuk biaya produksi dan lainnya mencapai 209,63 dollar AS.
Lalu,  bagaimana Amazon mendapatkan untung? Seperti yang diprediksikan  sebelumnya, Kindle Fire tidak dijual sebagai perangkat semata. Amazon  merancang Kindle Fire sebagai perangkat untuk mengakses konten digital  Amazon, yang ditargetkan menjadi sumber utama keuntungan.
Jadi,  kalau diibaratkan, maka seorang pembeli Kindle Fire harus menghabiskan  uang lebih dari 10 dollar AS sehingga keuntungan bisa didapatkan. Jumlah  yang masuk akal, atau bahkan mungkin terlalu rendah, sebab pengguna  pasti akan menghabiskan lebih selama bertahun-tahun.
Hampir pasti,  Amazon takkan rugi besar secara riil. IHS iSuppli membuat pernyataan  bahwa daya tarik Kindle Fire justru pada apa yang akan didapat dengan  perangkat tersebut. Jadi, seperti supermarket saja, Kindle Fire membuat  pengguna mendapat barang, sementara penyedia konten mendapat keuntungan.
No comments:
Post a Comment